Berisi informasi & ilmu seputar komputer

Hello!

Senin, 21 Januari 2019

Cara Membuat DNS server di Cisco PacketTracer

Halo sobat sekalian kembali lagi dengan saya untuk memberikan secuil ilmu yang telah saya dapatkan selama mendalami ilmu komputer ini , nah dikesempatan kali ini saya memposting sesuatu yang mungkin dapat bermanfaat bagi sobat sekalian terlebih lagi yang sering mengotak atik di aplikasi software Cisco PacketTracer.
Yang akan saya share kali ini adalah Bagaimana caranya kita membuat DNS server di aplikasi ini , So simak tutorial berikut ini :

1. Pertama-tama mari kita siapkan 3 buah 3 komputer client , 1 buah switch kemudian 1 buah server sebagai contoh , kemudian hubungkan semuanya menggunakan kabel straight.

2. Kemudian kita konfigurasi servernya dengan cara klik server , pilih tab desktop>IP configuration , kita contohkan untuk memberi IP servernya dengan IP (192.168.1.100) dengan subnet (255.255.255.0) , untuk IP ini sendiri sobat bisa mengubahnya sesuka sobat , tidak harus dengan IP yang sama.

3. Langkah selanjutnya tetap berada pada server , klik tab service>DNS , kemudian setting seperti pada gambar dibawah ini, isikan Name dengan nama DNS yang kalian inginkan , kemudian untuk address itu adalah alamat IP yang sobat berikan sebelumnya ,seperti saya tadi IPnya adalah (192.168.1.100) , kemudian jangan lupa centang DNS servicenya , stelah sudah tekan add , maka akan secara otomatis tertambahkan dibawah.

4. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi para komputer client dengan IP , IP addressnya adalah kelas C kemudian isi domain servernya dengan IP server yang sobat berikan tadi , yaitu sebagai contoh 192.168.1.100.
PC1 
PC2
PC3
5. Kemudian langkah terakhirnya adalah mengecek apakah alamat domainnya sudah berhasil apa belum , dengan cara kalian klik salah satu komputer client , kemudian pilih tab desktop masuk ke web browser , setelah itu ketikkan url domain / IP server kalian , jika keluar tampilan sebuah halaman , maka DNS server sobat telah Jadi dan berhasil.
Menggunakan nama domain
Menggunakan IP Address






Semoga bermanfaat & Selamat Mencoba :)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.