Berisi informasi & ilmu seputar komputer

Hello!

Rabu, 06 Februari 2019

Linux Fundamental

Hallo sobat sobat sekalian ,disini saya akan mencoba untuk sharing sesuatu mengenai linux , baik itu sejarahnya , siapakah pembuatnya , atau bagaimana perkembangannya dari dulu hingga sekarang.
Ada banyak Hal yang akan kita pelajari kali ini, yaitu :
- Instalasi Linux Ubuntu
- Desktop dan Aplikasi Linux
- Berkas dan Direktori Linux
- Administrasi Sistem Dasar
- Perintah shell dan Editor Teks
- Konfigurasi Jaringan dan Akses Remote
 Nah manfaat apa yang dapat kita pelajari dari bab bab diatas ?
- Pertama tama tentunya adalah mengetahui sejarah terbentuknya sistem operasi Linux , karena kita akan mempelajari / membahas tentang sejarahnya.
- Kedua adalah Dapat mengoperasikan sistem operasi berbasis linux , walaupun dalam tingkatan yang paling dasar terlebih dahulu.

* SEJARAH LINUX
        Nama LINUX berasal dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds , Linux diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus sebagai proyek perangkat lunak bebas pengganti Unix.
Maskot Linux adalah berupa binatang pinguin bernama "Tux" nama ini berasal dari James hughes , sebelumnya Linux tidak mempunyai logo maskot yang begitu mencolok dan menarik , namun pada suatu saat Linus (pembuat linux) sedang berlibur kedaerah selatan , lalu dia bertemu seekor linux kecil ( penguin kecil) kemudian pinguin itu menggigitnya yang menyebabkan linus demam selama berhari hari , nah dari situlah ditetapkannya logo pinguin untuk mengisi logo maskot linux yang dibuat oleh Larry Ewing.

* DISTRIBUSI LINUX
     Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.
Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.

Distribusi Populer

Berikut merupakan daftar distribusi linux yang populer:
  • Arch Linux, merupakan distribusi jenis rolling release yang ditargetkan pada pengguna Linux yang sudah berpengalaman, Arch Linux dikelola oleh komunitas.
    • Manjaro, adalah distribusi turunan Arch Linux yang cepat, ramah pengguna dan berorientasi-desktop
  • Debian, distribusi ini dikelola oleh sukarelawan di komunitas. Debian merupakan distribusi tua yang masih ada hingga saat ini dan banyak menghasilkan turunan berupa distribusi baru. Berikut ini merupakan contoh distribusi populer yang diturunkan dari Debian.
    • Canaima, adalah sebuah proyek sosial-teknologi terbuka. Canaima dibangun dan dikembangkan di Venezuela berdasarkan Debian.
    • Knoppix, distribusi pertama yang menggunakan Live CD untuk menjalankan sistem dari removable media tanpa harus melakukan instalasi ke hard disk.
    • Linux Mint Debian Edition (LMDE), yang didasarkan langsung dari distribusi Debian.
    • Ubuntu, merupakan distribusi yang paling populer yang berasal dari debian, dikembangkan oleh perusahaan Canonical Ltd.
      • Backtrack, distribusi yang dikembangkan oleh tim Offensive Security yang dibangun khusus untuk tujuan digital forensik dan uji keamanan.
      • Linux Mint, distribusi Linux berbasis Debian (Linux Mint Debian Edition) dan Ubuntu.
        • Xenta OS, merupakan distribusi yang dikembangkan di Indonesia Basis Linux Mint yang menggunakan antarmuka desktop Cinnamon dan XFCE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah)
      • Lubuntu, varian Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop LXDE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah)
      • Xubuntu, varian Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop XFCE (untuk komputer dengan spesifikasi rendah)
      • Kubuntu, varian Ubuntu yang menggunakan antarmuka desktop KDE
      • Edubuntu, varian Ubuntu khusus untuk edukasi atau pembelajaran.
      • BlackBuntu, varian Ubuntu khusus untuk Penetrasi jaringan, keamanan, digital forensic.
      • Sabily, Varian ubuntu cocok bagi muslim(lengkap dengan software yang islami)
      • Elementary OS, distribusi turunan Ubuntu yang dikembangkan oleh elementary LLC. Elementary OS menggunakan antarmuka desktop Pantheon
    • BlankOn, merupakan distribusi yang dikembangkan di Indonesia. BlankOn menggunakan antarmuka desktop yang disebut Manokwari dan tersedia dalam beberapa bahasa daerah lokal di Indonesia.
  • Fedora, distribusi komunitas yang disponsori oleh perusahaan Amerika, RedHat.
    • Red Hat Enterprise Linux, distribusi yang dikelola dan dikomersialkan oleh RedHat.
    • Mandriva, merupakan distribusi komersial turunan RedHat yang populer di beberapa negara Eropa dan Brazil. Distribusi Mandriva dikelola oleh perusahaan Prancis dengan nama yang sama, Mandriva.
      • Mageia, merupakan distribusi komunitas yang merupakan percabangan dari Mandriva pada tahun 2010.
      • PCLinuxOS, turunan dari Mandriva yang mengkhususkan kepada penggunaan komputer desktop.
  • Slackware, merupakan distribusi pertama yang lahir pada tahun 1993 dan merupakan salah satu distribusi Linux tertua saat ini.
    *REPOSITORI 
Repositori merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan paket atau aplikasi yang dapat langsung diinstall melalui komputer, Banyak penerbit perangkat lunak dan organisasi lain memelihara server di Internet untuk tujuan ini, baik secara gratis atau untuk biaya berlangganan. Repositori mungkin hanya untuk program-program tertentu, seperti CPAN untuk bahasa pemrograman Perl, atau untuk seluruh sistem operasi. Operator repositori tersebut biasanya menyediakan sebuah sistem manajemen paket, alat-alat yang dimaksudkan untuk mencari, menginstal dan sebaliknya memanipulasi paket perangkat lunak dari repositori.
Sebagai contoh, banyak distribusi Linux menggunakan Advanced Packaging Tool yang umumnya ditemukan di distro berbasis Debian, atau yum yang biasa ditemukan di distro berbasis Red Hat. Ada juga beberapa sistem manajemen paket independen, seperti Pacman, digunakan dalam Arch Linux dan equo, ditemukan di Sabayon Linux.
Sebagian besar distribusi Linux mempunyai banyak repositori di seluruh dunia yang cermin repositori utama.
Beberapa situs web yang menyediakan repositori linux adalah :
- kambing.ui.ac.id
- kebo.pens.ac.id,
- kartolo.sby.datautama.net.id.
Terus Bagaimana cara mengatur/merubah repositori kita menjadi repositori lokal ?

1. Oke pertama tama kita masuk ke terminal kemudian ketikkan
[ cd /etc/apt ]  kemudian ketikkan lagi [ cp sources.list sources.list.lama ] untuk membackup repositori lama kita.


2. Kemudian kita ketikkan [nano sources.list] maka akan tampil banyak tulisan , hapus semuanya dengan kombinasi ctrl+k , tekan sampai semua tulisan terhapus bersih , kemudian ketikkan seperti pada gambar dibawah ini , jika sudah selesai cara menyimpannya adalah dengan menekan tombol ctrl+X secara bersamaan.
3. setelah itu maka kita akan dikembalikan ke menu awal terminal kita , maka langkah selanjutnnya adalah kita mengetik , [sudo apt-get update] yang digunakan untuk memperbarui repositori kita , setelah selesai memperbaruinya  langkah terakhir adalah memasukkan perintah [sudo apt-get upgrade] yang digunakan untuk memasang paket yang sudah kita perbarui tadi.

Setelah mempelajari cara mengatur / merubah repositori diatas , pasti kalian masih asing dengan yang namanya apt , sudo , etc dll..
nah itu semua sebenarnya merupakan sebuah struktur berkas & direktori pada sebuah linux, macam macam direktori linux bisa dilihat di gambar berikut.

Nah terus bagaimana cara memotong , menyalin ataupun menghapus sebuah file dari berkas pada ubuntu ?
sebenarnya caranya cukup simpel , kalian bisa menggunakan berkas yang ada di ubuntu , jika kalian memakai ubuntu Gnome , maka nama berkasnya adalah nautilus dan jika ubuntu kalian adalah ubuntu MATE , berarti nama berkas kalian adalah caja , kalian bisa ketikkan di terminal dengan nama nautilus / caja , maka akan secara otomatis membuka berkas kalian .
      Lalu bagaimana jika kita ingin menyalin , menghapus ataupun memotong file namun lewat terminal ?
beberapa perintah yang harus kalian pahami adalah
cd = yaitu untuk masuk kesebuah direktori berkas , semisal kita ketikkan [cd Unduhan] maka berarti kita akan masuk ke direktori unduhan
ls = digunakan untuk melihat apa sajakah file yang terdapat disuatu direktori
cp = adalah perintah yang digunakan untuk menyalin suatu file
mv = adalah perintah yang digunakan untuk memotong suatu file
rm = adalah perintah yang digunakan untuk menghapus sebuah file , jika kita ingin menghapus suatu folder , maka kita cukup menambahkan -r setelah tulisan rm , semisal [rm telegram] digunakan untuk menghapus file telegram , sedangkan [rm -r telegram] digunakan untuk menghapus folder telegram.

Editor Teks
 editor teks yang tersedia pada ubuntu juga bermacam macam ada yang CLI adapun juga yang berbasis GUI
Editor teks CLI
- Nano
- Vi vim
Editor teks GUI
- Leafpad , pluma , Gedit dll.
- Abiword , Libreoffice dll.

Semua paket aplikasinya bisa kalian dapatkan melalui pusat aplikasi yang dapat kalian temukan di ubuntu kalian masing"

OKE , mungkin segitu dulu penjelasan saya mengenai linux fundamental / penjelasan tentang linux , mungkin jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar , marilah kita saling belajar menggunakan linux , karena saya juga masih dalam tahap pembelajaran :'D , semoga dapat sedikit membantu para sobat" sekalian dalam mengoperasikan linux di komputer sobat .
Sekian dari saya.
TERIMAKASIH.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.