Berisi informasi & ilmu seputar komputer

Hello!

Minggu, 24 Maret 2019

Apa itu MUA , MTA & MDA ?

MUA,MTA dan MDA merupakan 3 komponen penting yang terdapat disuatu mail server , karena tanpa 3 komponen tersebut ,sebuah mail server tidak dapat berjalan dengan semestinya.
Lalu apakah MUA,MTA & MDA itu ?

  • MUA (Mail User Agent)
    MUA memiliki beberapa program utama terkait dengan proses membaca dan membuat email. Jadi MUA bertugas sebagai program untuk membaca email, menerima, serta perintah-perintah untuk membuat dan mengirimkan pesan. MUA disebut juga sebagai email reader atau pembaca email, karena fungsi utamanya adalah perintah-perintah dalam email seperti menerima email, serta mengirim balasan email. Ada beberapa MUA yang juga dilengkapi dengan Multipurpose Internet Mail Extension (MIME), yaitu program yang digunakan untuk mengirimkan email yang berisi file atau attachment-attachment tertentu,contoh aplikasi MUA antara lain : Mozilla mail,Kmail,microsoft outlook ,netscape mail. 
  • MTA (Mail Transport Agent)
    MTA adalah salah satu komponen mail server yang bertugas untuk mengurus bagian program pengiriman email. MTA akan melakukan fungsi-fungsi yang harus dilakukannya antara lain adalah menerima dan memproses pesan-pesan email yang masuk melalui berbagai macam jaringan, menentukan alamat tujuan sebagai bahan pertimbangan bagaimana cara mengirimkan sebuah pesan email tersebut, serta menggunakan daftar distribusi untuk mengirimkan salinan pesan,Sedangkan contoh dari aplikasi MTA antara lain adalah : Sendmail,postfix,qmail

  • MDA (Mail Delivery Agent)
    MDA merupakan bagian program dari mail server yang bertugas sebagai agen pengiriman pesan email. MDA memiliki dua komponen utama, yaitu sebuah database yang berisi saluran atau jaringan untuk mengirimkan pesan, serta yang kedua adalah delivery agent yang bertugas untuk mengirimkan pesan email sesuai dengan jaringan yang dipilih.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori

Diberdayakan oleh Blogger.